Jumat, 03 Agustus 2007

Bab VIII

Kamis, 19 Juli 2007

Aplikasi Internet
(Dah nyampe bab 8 nehhhhhh…..!!!!! Keren g’ see…)

Salah satu alat komunikasi yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan dunia luar yang lintas batas adalah Internet. Kata internet diambil dari kata TCP/IP (Transmission Control Protocor/Internet Protocol) yang di buat oleh IETF (Internet Engineering Task Force). Hal terpenting dari protocol ini adalah pengalaman komputer yang unik di seluruh dunia dengan format 167.20.5.6 di sebut dengan IP Adress
Dalam Aplikasi Internet ada dua hal pokok yang harus kita ketahui:
1.Cara koneksi yang meliputi:
a. jaringan komputer dengan LAN
Hal yang paling mendasar dari internet adalah kumpulan LAN-LAN. Jika LAN komputer satu dengan LAN yang lain terhubung maka kita bisa langsung terkoneksi dengan internet. Untuk terkoneksi dengan internet komputer di beri IP Address dan IP Address Gateway. IP Address adalah alamat komputer tersebut sedangkan Gateway adalah pintu keluar untuk koneksi ke internet.
b. Dial UP
Koneksi ke Internet dengan memanfaatkan line telepon. Dengan telepon pengguna menghubungi internet service provider (ISP) kemudian ISP akan menghubungkan ke jaringan komputer (Internet). Selama ini terkoneksi ke internet maka line telepon di pakai untuk koneksi data. Selama itu pula biaya telepon terus bertambah.
Layanan dial-up adalah layanan bagi Anda yang membutuhkan koneksi internet yang terjangkau dan dapat diakses dengan mudah. Layanan dial-up analog merupakan pilihan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan koneksi internet dengan sambungan telpon PSTN. Layanan dial up analog dapat memberikan koneksi internet dengan kecepatan sampai dengan 56 Kbps.
Apabila Anda membutuhkan koneksi lebih dari layanan dial-up analog, maka layanan dial-up ISDN merupakan pilihan terbaik bagi Anda. Dengan menggunakan modem dan line telepon khusus ISDN, Anda akan mendapatkan kecepatan koneksi internet 64 Kbps sampai dengan 128 Kbps. ISDN dapat melewatkan data lebih cepat dibandingkan dengan modem analog biasa. Data grafik, audio, dan video akan terdownload dengan lebih cepat sehingga menghemat waktu download Anda
2.Layanan Internet yang meliputi:
a. Web (HTTP)
Web adalah aplikasi internet dimana ada browser ada web server, termasuk sebagai aplikasi Clint server.alamat adalah http;//www.uin-suka.ac,id .
Web browser dan web server berkomunikasi menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) . Ketika sebuah web browser meminta sebuah dokumen HTML dari web server, hubungan dibuka, kemudian dokumen ditransfer, dan setelah itu hubungan ditutup. Layanan yang menggunakan protokol http ini memiliki nomor port 80 (default), sehingga web server akan selalu mendengarkan permintaan client pada port 80. Ada beberapa contoh web server antara lain yaitu NCSA, CERN dan Plexus, tapi yang akan kita bahas disini adalah instalasi software APACHE untuk web server yang sudah ada di FreeBSD. Sama seperti instalasi FTP server, instalasi WWW serverpun dapat dilakukan bersamaan dengan instalasi FreeBSD pertama kali atau setelah FreeBSD berjalan. Sekarang kita akan melakukan instalasi setelah FreeBSD berjalan tapi dengan cara lain yaitu dengan menggunakan perintah pkg_add.
b. Email
Email(elektronik mail) merupakan aplikasi yang ada pada internet. dengan Email kita bias mengirimkan pesan ke teman yang tidak kita ketahui posisinya, kita cukup mengetahui alamat emailnya. Email menggunakan protocol SMPT, POP3 dan IMAP. SMPT adalah protocol komunikasi antara Email Client (Microsoft Outlook) dengan Mail server untuk mengirimkan surat. POP3 dan IMAP merupakan protocol; komunikasi antara Email Client dengan Mail server untuk membaca Email.
Email selalu di simpan di mail server, sedangkan Mail Client hanya di pergunakan untuk mengirimkan email dan membaca email. Contoh jika seseorang memiliki email address mtaufqnzz@yahoo.com artinya alamat mail server yahoo.com sedangkan usernya biasa banyak termasuk mtaufiqnzz. Email juga dapat dipergunakan untuk mengirimkan file, tidak hanya pesan. File yang dikirimkan bersama email di sebut attachment.
1.Mailing List
Mailing List (milis) adalah forum diskusi lewat email, sebuah email yang dikirimkan ke milis akan di terima oleh semua anggota dan anggota yang lain dapat mengomentari. Sebelum bisa mengirim email ke milis, yang berminat menjadi anggota harus mendaftarkan diri ke milis. Ada beberapa web yang menawarkan layanan milis misalnya http;//www.yahoogroups,com.
2. Netiket
Netiket asal katanya dalah netetiquette artinya etika dalam berinternet. Netiket paling banyak diimplementasikan pada layanan email karena adalah komunikasi. Beberapa hal yang ada pada Netiket adalah.
a. hindari penggunaan huruf capital semua ketika mengirim email.
b. jangan mengirimkan attachment terlalu besar jika tidak di inginkan oleh penerima email apa lagi mengirimkan attachment ke milis.
c. tidak menggunakan kata-kata yang pedas.
d. Hindari kesalahan ejaan, tapi jangan mengkritik jika menerima email yang memiliki kesalahan ejaan.
e. Baca petunjuk dan aturan jika mengikuti milis
c. File Transfer protocol (FTP)
FTP merupakan protocol komunikasi untuk melakukan transfer file. Klien dapat mengirimkan berkas server FTP dan mengambil berkas dari FTP server. Program Klien FTP misalnya Cute FTP sedangkan program server FTP adalah proftpd.
File Transfer protocol adalah fasilitas untuk mengirim dan mengambil (download) file dari komputer lain yang tersambung ke internet. Pemindahan file memakai protokol FTP (File Transfer Protocol).
FTP (File Transfer Protocol) merupakan layanan yang paling banyak digunakan oleh pemakai Internet. FTP sama seperti login ke suatu mesin, tapi disini user dibatasi pada sejumlah command tertentu, dan untuk anonymous FTP user, dibatasi hanya pada direktori tertentu. Arsip yang di-set agar dapat diakses oleh publik disebut arsip anonymous FTP, karena sebarang orang dapat login (hanya alamat e-mail orang tersebut diminta sebagai identifikasi). FTP client terdapat pada hampir semua jenis komputer, dari palmtop sampai supercomputer. Setelah e-mail, FTP adalah layanan Internet yang paling umum digunakan.
Ada dua tipe akses yang FTP server sediakan yaitu user FTP dan anonymous FTP. User FTP adalah adalah layanan FTP yang disediakan untuk orang yang mempunyai sebuah user account pada suatu host, sedangkan anonymous FTP disediakan untuk publik. Dengan layanan FTP anda dapat melakukan transfer file dari sistem anda atau ke sistem anda dari berbagai tempat di internet. Tapi anda tidak dapat mengeksekusi semua perintah yang ada karena FTP server memang hanya menyediakan perintah-perintah tertentu, seperti melihat daftar dan mengubah direktori, dan menerima serta mengirim file. Pada instalasi ini yang akan menjadi pokok bahasan kita adalah Anonymous FTP server yang merupakan inti dari sebuah FTP Server.
FTP server terdiri dari dua bagian, yaitu : server, yang menanggapi permintaan client seperti mengirim file, mendaftar direktori yang ada, dan lain-lain ; dan filesystem yang merupakan tempat FTP server membaca file dan direktori yang ada. Program implementasi standar UNIX untuk menjalankan FTP server adalah ftpd (ftp daemon). ftpd berjalan dibawah inetd, UNIX superserver. inetd mendengarkan permintaan pada sejumlah port, termasuk port kontrol FTP, TCP port 21. Ketika sebuah FTP client pertama kali mencoba untuk berhubungan dengan sebuah FTP server, dia mengirimkan paket ke port 21 pada host tujuannya. Kemudian inetd menerima paket tersebut, menentukan dari nomor port tujuan bahwa layanan FTP perlu dijalankan, dengan melakukan proses forking dan executing pada ftpd. Jika pada saat yang bersamaan ada client lain yang ingin berhubungan dengan FTP server, maka inetd akan meminta kopi dari ftpd yang sudah berjalan untuk menanganinya.
d. VolP
Voice Over Internet Prorokol adalah sebuah arsitektur untuk dapat mengirimkan suara melalui jaringan internet. Dengan teknologi VolP seseorang bisa berkomunikasi di seluruh dunia tanpa melalui sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) yang mahal tapi cukup menggunakan biaya internet yang relatif lebih murah.
VoIP sederhananya merupakan suara (orang) yang dilewatkan ke paket IP. Orang berbicara mesti ditangkap oleh Microphone. Microphone mengubah getaran suara menjadi listrik. Amplitudo tegangan listrik berubah-ubah ini merupakan informasi suara yang dikirimkan ke sentral telepon (telkom). Sentral telepon di ini membentuk jaringan. Lawan bicara menangkap sinyal listrik ini. Dan dengan bantuan speaker, tegangan listrik ini berubah lagi menjadi suara.
VoIP ini hanya berperan "ditengah-tengah". Artinya dalam konteks user dirumah ya tetap perlu alat yang namanya microphone dan speaker. Sebenarnya telepon rumah kita juga terdiri dari microphone (yang dibawah mulut) dan speaker (yang nempel ke telinga). Bedanya, kalau telepon rumah menyalurkan informasi suara (dalam format tegangan listrik ini) ke sentral telepon dalam bentuk sinyal analog.
Dalam VoIP maunya sih, keluaran informasi suara ini sudah dalam bentuk informasi digital (rangkaian dan 1) kemudian dibungkus dengan paket P, bahwa komponen utama VoIP adalah VoIP decoder (kadang sering disebut VoIP Gateway, atau ITG-Internet Telephony Gateway).
Nah sekarang bagaimana A menghubungi B?
Pada VoIP dasarnya adalah IP address. Selama A bisa mengetahui IP address VoIP decoder B, maka A bisa men"dial" B. Bagaimana jika A tahu IP address B, tapi B tidak tahu IP Address A? Dalam hal ini A dapat men"dial" B tapi B tidak dapat men"dial" A. Proses pembicaraan terjadi setelah proses dial. Misal A ingin berbicara ke B, maka A men"dial" B. Jika B menganggat "gagang" telepon maka B dan A kemudian berbicara.

Pemetaan No Dial ke IP
Pada dasarnya manusia lebih senang mengingat nomor telepon misalkan 456888 ketimbang 202.147.192.44. Oleh karena itu dalam sebuah VoIP decoder biasanya selain didefinisikan no IP yang bisa dihubingi dari luar, juga didefinisikan no telepon yang dikenal lokal oleh VoIP decoder tsb.
Misalkan sebuah VoIP decoder mempunyai 2 port analog (bisa dicolok 2 handset telepon) maka bisa saja kita set VoIP decoder tsb dengan IP 202.147.192.44 dan no telepon port 1 misalkan 4445 dan no telepon port 2 4446. Misalkan VoIP decoder ini terpasang di Kost Ibu T. Port no 1 terhubung ke handset anaknya di kamar (Amir), dan port 2 terhubung ke kamar pembantu (Susi).
Misalkan ditempat lain, pacar Amir (lagi kuliah di Jerman bernama Ane), memiliki PC Multimedia (ada microphone dan speakernya), mau menghubungi Amir. Katakan IP PC Ane: 60.1.34.5 dan nomor analognya 6666. Maka Dengan software netmeeting (sebagai VoIP Decoder) Ane dapat men"dial" no 4445 (asal mengkonfigure IP VoIP Decoder ibu T di neetmeeting). Cara sebaliknya juga sama. Jika Amir ingin menghubungi pacarnya Ane, dia perlu tahu IP Ane, dan nomer analognya. Anggap Amir tahu, maka amir akan mengeset di VoIP decoder ibu T bahwa untuk no 6666 konek ke IP 60.1.34.5. Dalam hal ini terjadi "pemetaan" no telepon analog ke no IP. Intinya dalam mekanisme VoIP terjadi pemetaan dari no analog ke no IP, saat user akan melakukan dial.
Gatekeeper
Nah, sampai disini Amir sangat senang karena pacarnya dapat diapelin dengan biaya murah. Sampai kuping panas deh! Belakangan Ane memberitahukan bahwa ada teman-temannya dia di Jerman dan Swedia yang juga ingin ngobrol-ngobrol dengan Amir. Kangen dengan informasi di Indonesia katanya. Amir kemudian dikasih list oleh Ane: VoIP dekoder untuk:
Sari 60.1.34.6 no 98763
Hamzah 198.3.4.1 no 7644563
Susan 45.3.56.2 no 543
AAA xx.xx.xx.xx no yyyy
BBB pp.pp.pp.pp no qqq
CCC rr.rr.rr.rr no tttttt
Amir jika menghubungi Sari, harus membuat pemetaan dulu di VoIP Decodernya. Demikian juga dengan Hamzah, ditambah lagi konfigurasi pemetaan di VoIP Decodernya. Demikian juga Susan. Lama-lama Amir capek juga, gimana kalau gue mau menghubungi 1000 orang? Apakah gue harus mengentri pementaan untuk 1000 orang tsb di VoIP decoder gua? CAPEK KAN!!!!
Disinilah muncul alat yang namanya gatekeeper, yaitu suatu alat yang berisi database pemetaan IP dengan no telepon analog. Jadi semacam mIRC server gitu. Caranya? Amir kasih tahu Susan, Sari, Hamzah, dst untuk mengkonfigure VoIP decoder mereka, agar untuk pemetaan IP ke no analog "tembak" saja ke satu gatekeeper. Demikian juga Amir buru-buru merubah konfigurasi VoIP decodernya untuk "bertanya" ke gatekeeper. Nah sekarang, jika Amir ingin menghubungi Sari, dia tinggal tekan di handsetnya 98763. Apa yang terjadi? VoIP Decoder Amir, langsung bereaksi, dia tanya ke gatekeeper: "berapa IPnya no 98763?". Gatekeeper menjawab "60.1.34.6". Berbekal informasi ini VoIP decoder Amir membentuk VoIP connection ke no IP yang diberikan gatekeeper tsb.
Jadi perlu apa dong, untuk main VoIP dirumah? Intinya perlu VoIP decoder + koneksi ke Internet. Apa saja VoIP decoder? Ada yang berbasis PC, dan ada yang appliance (set top box). Yang PC, itu pakai software gratis Netmeeting, yang appliance macam2x, bisa pakai Planet, Cisco, dsb.

Hmmm….kelar juga nih broowww…..







Tidak ada komentar: